Ibarat Bermain Bola

Sebuah tim sepakbola dikatakan sukses dalam sebuah petandingan, selain dari kemenangan yang ia peroleh namun sesungguhnya ada 3 (tiga) aspek penting. Tiga aspek tersebut sering menjadi pedoman bagi seorang komentator (lebih tepatnya analis pertandingan, pen) dalam sebuah pertandingan. Ketiga aspek tersebut adalah:

  1. Individual Skill (skil individu)
  2. Team Work (kerjasama tim)
  3. Faktor non teknis

 

Ketiga aspek yang juga merupakan faktor penentu sebuah tim dalam suatu pertandingan sangatlah penting. Jika seorang manajer/pelatih mampu memperhatikan ke tiga faktor tersebut maka sebuah sukses adalah keniscayaan. Manajer/pelatih yang cerdik mampu mengembangkan skil individu pemain, membangun kerjasama tim yang kompak dan mampu mengatasi faktor non teknis yang tidak diinginkan.

 

Mungkin ini pula yang terjadi pada sebuah klub sepak bola di daratan Ratu Elizabeth, yang bernama Manchester United. Klub ini memiliki seorang manajer yang cerdas. Dia mampu melihat potensi yang dimiliki seorang pemain, yang sebelumnya adalah bukan siapa – siapa. Namun dengan tangan dinginnya pemain tersebut diubahnya menjadi seorang bintang. Ini artinya sang manajer pada dasarnya telah membentuk skil individu dengan baik.

 

Skil yang dimiliki masing – masing pemain individu pemainpun kemudian dipadukan dengan sebuah strategi tertentu. Dan ternyata sang manajer memiliki strategi tertentu yang beragam dalam berbagai pertandingan. Pola 4-3-3 dengan fokus penyerangan atau pola 4-4-2-1 dengan fokus penyerang gantung pernah diterapkan tergantung siapa lawan yang dihadapi. Inilah yang dinamakan membangun kerjasama tim yang baik.

 

Kebanyakan manajer/pelatih terfokus pada 2 ( dua ) faktor di atas. Karena memang yang terlihat dalam pertandingan adalah seperti itu. Sang manajer/pelatih yang cerdas seharusnya mampu melihat faktor non teknis yang bisa saja mengganggu jalannya pertandingan. Keadaan itu misalnya, keadaan lapangan yang tidak rata, hujan, keadaan emosional pemain, antar pemain maupun antara pemain dengan manajer/pelatih, serta faktor dukungan penonton. Faktor non teknis juga memiliki peran yang penting. Pernahkah Anda menonton pertandingan tim negara Italia saat melawan Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan yang lalu?. Tahukah anda Italia saat itu Korea Selatan mampu mengalahkan tim sekelas Italia yang bertabur pemain bintang?. Banyak analis bola mengatakan, kemenangan itu lebih disebabkan faktor non teknis yaitu dukungan gemuruh penonton.

 

Oleh sebab itu ketiga faktor di atas saling mendukung dan berkaitan untuk menjadi sebuah tim yang sukses dalam suatu pertandingan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s